Pengertian dan Fungsi Sudut Camber Serta Pengaruh Dalam Pengemudian
Kombinasi antara sistem kemudi dan sistem suspensi pada kendaraan harus menghasilkan stabilitas kendaraan sehingga kendaraan dapat stabil dan memiliki pengemudian yang baik.
Agar dapat stabilitas tersebut maka bagian-bagian roda depan kendaraan meliputi bagian di sistem kemudi dan sistem suspensi harus diatur sedemikian rupa dengan melakukan penyetelan terhadap sudut-sudut geometri roda (wheel aligment).
Salah satu penyetelan sudut-sudut geometri roda yang dilakukan pada kendaraan adalah penyetelan sudut camber.
Sudut camber yaitu kemiringan roda-roda depan kendaraan bagian atas terhadap garis vertikal apabila dilihat pada bagian depan kendaraan.
Sudut camber terdiri dari tiga macam sudut, yaitu sudut camber positif, sudut camber negatif dan sudut camber nol
Sudut camber positif
Sudut camber positif adalah kemiringan garis tengah roda bagian atas ke arah luar terhadap garis vertikal bila dilihat dari arah depan kendaraan.
Sudut camber negatif
Sudut camber negatif adalah kemiringan garis tengah roda bagian atas ke arah dalam terhadap garis vertikal bila dilihat dari arah depan kendaraan.
Sudut camber nol
Fungsi sudut camber
Sudut camber pada kendaraan memiliki banyak fungsi, diantaranya adalah :
- Mencegah keausan ban yang berlebihan pada sisi roda bagian dalam maupun bagian luar.
- Meningkatkan kestabilan kendaraan.
- Meningkatkan handling kendaraan.
Pengaruh sudut camber terhadap pengemudian
1. Pengaruh sudut camber positif
Camber positif digunakan dengan maksud untuk mengimbangi bagian bawah roda yang tertarik ke arah luar, ketika kendaraan mulai dibebani dan berjalan. Hal ini berarti ketika kendaraan dibebani atau berjalan maka roda akan tertarik ke arah dalam sehingga beban kendaraan beban kendaraan akan tertumpu pada spindel dengan dudukan yang benar (dengan catatan apabila penyetelan sudut camber positif sesuai dengan spesifikasinya).
Oleh sebab itu, sudut camber positif dengan penyetelan yang benar akan mempengaruhi beberapa hal pada kendaraan antara lain :
- Kendaraan akan cenderung tetap berjalan lurus walaupun roda kemudi dilepas.
- Mencegah agar roda-roda kendaraan tidak slip ke samping.
- Bersama-sama saling membantu dengan sudut kingpin untuk memperingan pengemudian.
- Mencegah agar roda-roda kendaraan tidak lepas.
Namun apabila penyetelan sudut camber terlalu positif maka akan berpengaruh :
- Ban akan aus berlebih pada bagian luar.
- Berkurangnya gaya cengkram roda terhadap jalan sehingga membuat roda slip.
- Akan menimbulkan suara abnormal saat kendaraan berbelok.
2. Pengaruh sudut camber negatif
Camber negatif digunakan pada kendaraan-kendaraan penggerak depan atau Front Wheel Front Drive (FF) untuk mengurangi ground camber kendaraan atau mencegah terjadinya kemiringan kendaraan ketika membelok serta untuk menyempurnakan kemampuan belok dari kendaraan.
Namun apabila penyetelan sudut camber terlalu negatif maka akan berpengaruh :
- Ban akan aus berlebih pada bagian dalam.
- Roda kemudi menjadi berat ketika diputar.
- Akan menimbulkan suara abnormal saat kendaraan berbelok.
3. Pengaruh sudut camber 0
Apabila sudut camber pada kendaraan dibuat nol maka ketika kendaraan dibebani atau berjalan, roda-roda bagian bawah akan semakin tertarik ke arah luar sehingga beban kendaraan akan tertumpu pada bagian luar spindel. Akibatnya akan membuat pengemudian menjadi berat dan akan membuat roda slip serta terjadi keausan yang berlebih pada bagian luar ban.
Belum ada Komentar untuk "Pengertian dan Fungsi Sudut Camber Serta Pengaruh Dalam Pengemudian"
Posting Komentar